Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2017

PRINSIP KERJA REM

Gambar
PRINSIP KERJA REM Kendaraan tidak dapat berhenti dengan segera apabila mesin dibebaskan dengan pemindah daya. Kendaraan cenderung tetap bergerak. Kelemahan ini harus dikurangi dengan maksud untuk menurunkan kecepatan gerak kendaraan hingga berhenti. Mesin mengubah energi panas menjadi energi kinetik (eneri gerak) untuk menggerakkan kendaraan. Sebaliknya, rem mengubah energi kinetik kembali menjadi energi panas untuk menghentikan kendaraan. Umumnya, rem bekerja disebabkan oleh adanya sistem gabungan penekanan melawan sistem gerak putar. Efek pengereman (braking effect) diperoleh dari adanya gesekan yang ditimbulkan antara dua objek. Gambar Prinsip Kerja Rem TIPE REM Rem yang digunakan pada kendaraan bermotor dapat digolongkan menjadi beberapa tipe tergantung pada penggunaannya. 1. Rem kaki (foot brake) digunakan untuk mengontrol kecepatan dan menghentikan kendaraan. 2. Rem parkir (parking brake) digunakan terutama untuk memarkir kendaraan. 3. Rem tambahan (auxiliar

KARBURATOR TPFC

KARBURATOR TPFC (Tracient Power Fuel Control) 1.       KONSEP DASAR KARBURATOR Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam.   Fungsi dari karburator : 1. Merubah bahan bakar cair menjadi gas/kabut. 2. Mencampur bensin dan udara dengan perbandingan yang tepat sesuai kebutuhan mesin. 3. Menyuplai cairan bahan bakar dan udara ke dalam ruang bakar. 2.       PRINSIP KERJA KARBURATOR          Tekanan atmosfir          Kevakuman          Prinsip kerja venturi 1. Tekanan atmosfir     Tekanan atmosfir adalah tekanan udara yang berada disekitar kita. 2. Vacum                           Vacum adalah keadaan tidak ada udara sama sekali/hampa dalam satu ruangan tertutup. 3. Venturi     Venturi adalah penyempitan suatu ruangan sehingga tekanan udara menurun, sebaliknya      kecepatan udara menjadi naik. 3.       KOMPONEN-KOMPONEN KARBURATOR 1.   Ruang bakar 2.   Choke valve 3.     Piston

KOPLING SEMI OTOMATIS

KOPLING SEMI OTOMATIS Kopling jenis ini bekerja berdasarkan adanya gaya sentri fugal saat mesin bekerja. Sehingga untuk kopling otomatis tidak perlu lagi menggunakan handle kopling seperti halnya kopling manual. BAGIAN-BAGIAN UTAMA KOPLING OTOMATIS : 1. Clutch Outer. 2. Drive Plate. 3. Clutch Weight 4. Clutch Center. 5. Drive Gear Outer. 6. Clutch Plate. 7. Clutch Disc. 8. Ball Retainer. MEKANISME KERJA KOPLING SEMI OTOMATIS Susunan pemasangan komponen-komponen pada kopling otomatis, akan menempatkan kampas kopling dan plat kopling merenggang, hal ini berbeda dengan susunan pemasangan komponen-komponen pada kopling manual, dimana antara plat dan kampas kopling merapat. Pada saat mesin putaran langsam, kampas dan plat kopling masih merenggang, sehingga putaran mesin dari poros engkol belumPada saat perputaran mesin bertambah, gaya sentrifugal bekerja pada Clucth Weight sehingga Weight (bandul) bergerak menekan Clutch Plate, hal ini akan menghasilkan